Kamis, 16 Agustus 2012

Akupuntur dan Bekam dalam Islam

Bismillahirrahmaanirrahiim. ini adalah postingan pertama dari kami yang bertema kesehatan, yaitu Terapi Kesehatan Akupuntur dan Bekam dihubugkan dengan Islam. Semoga bermanfaat, yaa



AKUPUNTUR 


Apa itu Akupuntur?


Akupuntur adalah terapi pengobatan tradisional yang berasal dari Cina. Nah, tekniknya akupuntur ialah deik-tiitngan menyucuk-nyucukkan jarum-jarum yang sangat tajam pada titik-titik tertentu untuk menstimulasi titik-titik tersebut.
Terapi ini memandang tubuh manusia sebagai suatu sitem aliran energi. Jika aliran energi seimbang, maka tubuh dianggap sehat.
Nah, bagaimana mendiagnosa keseimbangan energy pada tubuh si pasien? Para praktisi terapi akupuntur memeriksa denyut nadi dan keadaan lidah pasien untuk mendiagnosa keseimbangan energy dalam tubuh si pasien.
dalam pengobatan Cina, denyut nadi dapat diperiksa pada tiga lokasi di masing-masing pergelangan tangan, dan pada tiga kedalaman pada masing-masing lokasi.
Dalam terapi ini, penyakit tidak didefinisikan dengan gejala-gejala klinis lho… tapi sang praktisi akan berbicara mengenai ketidaseimbangan energy. Seperti “kekurangan vin”. Kata-kata Cina yin dan yang menggambarkan energi yang saling bertolak-belakang yang seharusnya tetap seimbang, dan Qi (dibaca "chi") secara kasar dapat diartikan sebagai energi atau kekuatan hidup.

Apakah Akupuntur ada Efek Sampingnya?

Teman-teman, beberapa orang merasa sedikit rasa sakit, kaku atau kesemutan ketika jarum akupuntur ditusukkan. Dalam beberapa kasus yang jarang, orang akan merasa pusing atau mual selama akupuntur. Si pasien mungkin akan mengeluarkan beberapa tetes darah ketika jarum dicabut. Akupuntur memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan dengan kebanyakan pengobatan-pengobatan barat. Jadi… ini adalah terapi yang aman.

Apakah AKupuntur Haram?

kita telah mengenal apa itu akupuntur, resikonya,  manfaatnya, dan tatacaranya. Nah terus hukumnya melakukan akupuntur itu haram nggak ya?? Jawabannya, akupuntur itu tidak harama. akupuntur itu boleh dilakukan. Kenapa bisa begitu? Karena jarum-jarum yang digunakan itu tidak masukkan kedalam tubuh, dalam akupuntur jarum-jarum ditancapkan ke titik-titik akupuntur yang ada di tubuh tapi tidak ditenggelamkan ke dalam tubuh, nah terus jarum-jarum yang telah ditancapkan akan dilepaskan kembali, ya kan? Iya lah, itu kan sudah prosedurnya

Bagaimana prosedur akupuntur?

Nah, teman-teman berdasarkan ketidakimbangan energi, si ahli akupuntur akan memilih titik akupuntur untuk distimulir. Nah, si pasien akan berbaring di atas dipan, bertelungkup atau telentang, lalu jarum-jarum akan dimasukkan pada titik-titik tertentu. Si pasien mungkin akan merasa sedikit sakit, kesemutan atau rasa kebal selagi jarum ditusukkan. Jarum-jarum ini dibiarkan pada tempatnya selama 30 hingga 45 menit Itu tergantung pada tujuan dari akupuntur itu. info nih, selama ini orang-orang yang menjalani akupuntur banyak yang jatuh tertidur lho...
Nah, ada kemungkinan akan adanya perawatan tambahan selama akupuntur untuk meningkatkan aliran energi si pasien, ini dia kemungkinannya:
  • Jarum-jarum mungkin distimulir dengan aliran listrik bertenaga sangat rendah (electroacupuncture).
  • Penggunaan “Moxa”. Moxa itu bahan lembut yang terdiri dari sejenis rempah mugwort kering. Moxa mungkin diaplikasikan di atas jarum akupuntur atau bahkan secara langsung di kulit. Moxa dibakar untuk menghasilkan rasa panas yang menusuk.
  • Penggunaan gelas-gelas bundar. Gelas-gelas bundar dapat digunakan untuk menghasilkan "penyedotan" pada titik-titik tertentu (bekam).
  • Penggunaan manik-manik kecil atau jarum kecil yang ditinggalkan pada kulit selama beberapa hari untuk memberi tekanan pada titik akupuntur.




Jarum, laser, atau ultrasound ?
Dalam perkembangannya, orang Amerika dan Eropa menggantikan jarum akupunktur dengan sinar laser, populer dengan sebutan laserpunktur, dan gelombang ultrasound. Penggantian ini terjadi lantaran adanya ketakutan pada banyak orang akan rasa sakit akibat jarum dan penularan penyakit.
Kalau akupunktur yang menggunakan jarum sebagai alat utama, maka pada laserpunktur yang di”tusuk”kan adalah sinar laser yang dihasilkan diode gallium arsenide. Titik-titik penyinarannya tak jauh berbeda. Hanya saja biasanya dipilih titik paling efisien. Lamanya penyinarannya ada aturannya. Agar luka cepat menutup, misalnya, diperlukan waktu satu menit, dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, butuh 30 detik.
Laserpunktur juga dilaporkan berhasil mengobati berbagai gejala penyakit, seperti sakit saraf, radang sendi, asma, radang selaput lendir hidung, radang tekak, dan lain-lain. Pada anak-anak, hasilnya bagus sekali.
Soal efektivitas, antara laserpunktur dan akupunktur memang berbeda. Akupunktur tetap lebih efektif dibandingkan dengan laserpunktur. Kalau dinilai dengan angka, perbandingannya kira-kira 100 : 75. Tusuk jarum memberikan efek paling bagus.
Penerapan laserpunktur secara benar tidak menimbulkan efek samping. Penyinarannya paling lama empat menit. Kalau kelamaan paling cuma gosong. Dengan ultrasound kalau kelamaan diduga sel-sel bisa memuai. Tetapi berdasarkan pengalaman, efek samping yang begitu relatif sedikit sekali.


Dari Mana taunya kalo akupuntur itu bermanfaat?

 Dari penelitian mengenai akupuntur menunjukkan manfaat dalam mengobati beberapa jenis rasa sakit dan mual. Hal ini yang mendorong National Institute of Health di AS untuk mengeluarkan pernyataan pada tahun 1997 mendukung manfaat akupuntur untuk beberapa kondisi tertentu. World Health Organization memiliki daftar lebih dari 40 kondisi yang mungkin dapat dibantu dengan akupuntur.
Penelitian terakhir mengenai akupuntur untuk mengurangi rasa sakit akibat neuropati tidak menunjukkan manfaat yang jelas. Namun rancangan penelitian tersebut telah dikritik karena menggunakan titik-titik akupuntur yang sama untuk semua orang dalam penelitian, dan karena menggunakan titik-titik palsu sebagai perbandingan. Dan banyak orang dengan kondisi neuropati merasa akupuntur telah membantu mereka.

BEKAM 

Apa sih bekam itu?
Jadi bekam itu adalh istilah dalam Bahasa Indonesia yang berarti “membuang darah”. Beda lagi dengan bahasa Arab, bekam itu disebut “hijamah”. Klo dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan “cupping”. Bekam sendiri adalah pengobatan / terapi kesehatan untuk mengeluarkan darah kotor dalam tubuh melalui permukaan kulit. Darah kotor yang dikeluarkan seperti darah kotor yang mengandung toxin (racun) yang dapat menghambat peredaran darah dalam tubuh kita. Karena darah kotor itu mengandung racun, jika tidak dikeluarkan dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit. Nah, cara mengeluarkan yang paling efektif dan tanpa menimbulkan efek samping adalah dengan melakukan bekam. Jadi jangan takut untuk melakukan pengobatan dengan bekam, ya. Bekam sendiri mempunyai beberapa jenis antara lain :
·         Bekam kering atau bekam angin (Hijamah Jaaffah), yaitu menghisap permukaan kulit dan memijat tempat sekitarnya tanpa mengeluarkan darah kotor. Bekam kering ini digunakan untuk meringankan kenyerian urat-urat punggung karena sakit rheumatik , dan penyakit karena nyeri punggung.

·         Bekam basah (Hijamah Rothbah). Sebelumnya, kita lakukan bekam kering. Kemudian kita lukai permukaan kulit dengan jarum tajam. Lalu di sekitarnya dihisap dengan alat cupping set dan hand pump untuk mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. Darah kotor yang dihasilkan berupa darah merah pekat dan berbuih.

·         Bekam api (Fire Cupping), yaitu teknik membekam menggunakan api sebagai media membekam. 


   Bagaimana prinsip kerja bekam?

      Di bawah kulit dan otot kita itu terdapat banyak titik – titik saraf yang saling berhubungan antara organ satu dengan yang lainnya. Pembekaman biasanya dilakukan pada permukaan kulit (kutis), jaringan bawah kulit (sub kutis)  ini akan “rusak”. Kerusakan disertai keluarnya darah akibat bekam akan ikut serta keluar beberapa zat berbahaya seperti serotonin, bistamin, bradiknin dan zat-zat berbahaya lainnya. Pembekaman menggunakan kop / gelas dengan penghisapan selama 5 menit. Utamakan dilakukan di bagian kanan dan penghisapan tidak boleh lebih dari 4 titik sekaligus. Selanjutnya, lakukan penyayatan 5-15 disetiap titik. Jangan melakukan penyayatan kembali, ya. Nah, teman kop / gelas yang telah digunakan jangan digunakan kembali untuk penderita penyakit hepatitis, dan penyakit menular lainnya. Biasanya, bekas bekam akan hilang sekitar 2-5 hari. Itu dia prinsip dan cara kerja singkat dari bekam.

       


  Bagaimana sejarah bekam?

S   Sebenarnya bekam itu dipake sejak kapan sih? Dimana? Jadi, istilah bekam sudah di kenal sejak zaman dulu, yaitu kerajaan Sumeria, kemudian terus berkembang sampai Babilonia, Mesir, Saba, dan Persia. Pada zaman Rasulullah, beliau menggunakan kaca berupa cawan atau mangkuk tinggi. Pada zaman China kuno mereka menyebut hijamah sebagai “perawatan tanduk” karena tanduk menggantikan kaca.
S  Sedangkan masuknya terapi Hijamah ke Indonesia belum diketahui kapan secara pasti. Pendapat mengatakan bahwa terapi Hijamah masuk seiring masuknya para pedagang dari Gujarat dan Arab yang pada waktu menyebarkan agama Islam.
I  Info juga nih, konon Rasulullah selama hidupnya pernah mengalami sakit hanya dua kali, yaitu ketika beliau mengalami ketakutan yang sangat sehingga menimbulkan demam hebat dan saat menjelang wafatnya beliau. Tapi pendapat juga yang mengatakan klo Rasulullah mengalami sakit lebih dari dua kali. Dari keterangan di atas, dapat kita simpulkan klo Rasulullah kita jarang sekali sakit. Kenapa? Karena Rasulullah menerapkan aspek “pencegahan daripada pengobatan”. Bekam  juga merupakan salah satu usaha yang dilakukan beliau dalam menjaga kesehatan. Rasullah kita aja peduli dengan kesehatan beliau, kita juga harus dong. 

     Manfaat bekam :
  • ·         Mengeluarkan darah kotor, baik darah yang teracuni maupun darah yang statis, sehingga peredaran darah yang semula tersumbat menjadi lancar kembali.
  • ·         Meringankan tubuh. Maksudnya, di bawah permukaan kulit kita ini kan banyak banget darah kotor yang menumpuk yang membuat tubuh kita jadi malas dan capek. Dengan melakukan bekam, dapat meringakan tubuh kita, gan.
  • ·         Menajamkan penglihatan. Darah kotor dapat menyumbat peradaran darah. Tak terkecuali peredaran darah ke mata kita sehingga menyebabkan mata kita buram. Klo kita melakukan bekam, peredaran darah ke mata menjadi lancar sehingga mata kita nda buram lagi.
  • ·         Menghilangkan berbagai macam penyakit, seperti : Asam urat, darah tinggi, jantung, kolesterol, masuk angin, migrain, sakit mata, stroke, sakit gigi, vertigo, sinusitis, jerawat, sembelit, wasir, impotensi, wasir, kencing manis, liver, ginjal,

    Hadist tentang bekam
      Nda cuma pengetahuan yang memperuat tentang bekam. Tapi bekam juga diperkuat oleh hadist.
 سُئِلَ أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ عَنْ كَسْبِ الْحَجَّامِ فَقَالَ احْتَجَمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  حَجَمَهُ أَبُو طَيْبَةَ فَأَمَرَ لَهُ بِصَاعَيْنِ مِنْ طَعَامٍ وَكَلَّمَ أَهْلَهُ فَوَضَعُوا عَنْهُ مِنْ خَرَاجِهِ وَقَالَ إِنَّ أَفْضَلَ مَا تَدَاوَيْتُمْ بِهِ الْحِجَامَةُ أَوْ هُوَ مِنْ أَمْثَلِ دَوَائِكُمْ  


      Dari Anas bin Malik r.a,(ditanya) mengenai Hijamah, beliau berkata : bahwa Sesungguhnya Rasulullah ber-bekam/hijamah dan memrintahkan keluarga beliau dan Rasulullah  bersabda: Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah dengan Hijamah.Hadit dari Ibnu Abi Umar juga menyebutkan demikian(Shahih Muslim 1577)


J     Jadi, terapi kesehatan dengan bekam itu “Halal”, karena Rasulullah juga melakukan bekam / Hijamah. Mungkin ini aja dari kami tentang bekam. Maaf kalau ada yang kurang dan kurang memuaskan. Syukron. Wassalamua’laikum 

        Sumber : google.co.id
        Disusun kembali : SDM Smansa     





   








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar